Taijiquan dan qiqong

(copas)

Lingkaran paling atas melambangkan Shang Dantian (Dantian atas).
Lingkaran hitam putih melambangkan pertemuan antara meridian Ren dan Du (makanya disimbolkan dengan Yin Yang).
Diagram 5 unsur melambangkan organ dalam kita.
Lingkaran yang kecil di bawah diagram 5 unsur adalah Zhong Dantian (Dantian tengah).
Lingkaran nomor 2 dari bawah adalah Zhong Gong atau istana tengah, juga biasa dikenal dengan nama Huang Ting (Yellow chamber).
Lingkaran terbawah adalah Xia Dantian atau Dantian bawah

Xia Dantian (atau Dantian bawah) adalah storage energi. Fungsinya seperti batere. Untuk bisa men-charge batere ini diperlukan latihan napas yang dibarengi dengan ketenangan pikiran. Karena strukturnya, yang memiliki lapisan konduktor (muscle) dan insulator (fat) sehingga berfungsi seperti batere. Dan ternyata batere ini memiliki kapasitas self-recharge, apabila wiring-nya tidak terhambat. Tapi ternyata wiring yang ada penuh dengan blockage, sehingga harus dibebaskan sehingga batere ini bisa self-recharge kembali. Wiring ini adalah vessels (Mai). Vessels mewakili controller dan regulator Jingluo (Jingluo biasa diterjemahkan sebagai meridian, Jing atau channel mewakili meridian besar – bisa kita sebut sebagai meridian utama, sedangkan Luo atau branch mewakili sub-meridian yang menyebar ke seluruh tubuh). Fungsi Mai adalah sebagai reservoir yang terhubung dengan 12 Meridian utama dan sebagai regulator level Qi yang ada dalam ke-12 meridian tersebut. Yang paling utama dari 8 Mai adalah Ren Mai (conception vessel, bersifat Yin) dan Du Mai (governing vessel, bersifat Yang). Ren Mai meregulasi Qi pada meridian Yin, dan Du Mai meregulasi Qi pada meridian Yang. Meridian (Jingluo) adalah regulator organ tubuh kita. Meridian berfungsi sebagai wiring untuk organ tubuh kita. Wiring disini dimaksudkan seperti kabel untuk mensupply listrik ke lampu. Wiring yang ini (untuk organ) berbeda dengan Wiring untuk Xia Dantian (batere), meskipun memiliki kaitan.
Dalam praktek, diketahui ternyata pada saat energi di Xia Dantian ini sudah full, energi ini bisa di-compress sehingga membentuk suatu substansi “padat” yang bisa digerakkan kemana saja (sesudah mencapai tahapan latihan tertentu). Dan substansi ini terasa bulat seperti sebuah bulatan (Dan). Makanya Dantian disebut sebagai Dantian, karena Dan berarti Pill/Bulatan, dan Tian berarti Sawah/Ladang.

Yin Yang, merupakan salah satu filsafat tertua di dunia, keterkaitannya dalam dunia Qi adalah merupakan bagian dari Xiantian Qi, yang terdiri dari Yin Qi dan Yang Qi. Tentu saja sebagai filsafat, dapat dikaitkan ke hal apapun, tetapi untuk relevansinya terhadap Qi, ternyata sangat terbatas. Kita mengenal organ Yin dan organ Yang dalam tubuh kita, dan kita mengetahui bahwa organ-organ ini diregulasi oleh Meridian (Jingluo) yang juga terbagi menjadi meridian Yin dan meridian Yang. Seluruh meridian Yin diregulasi oleh Renmai, dan seluruh meridian Yang diregulasi oleh Dumai. Qi yang bersirkulasi dalam organ tubuh kita diekstrak langsung dari makanan dan alam. Dan Qi yang bersirkulasi ini bisa dihimpun ke dalam Dantian melalui gathering post masing-masing.

Huang Ting adalah post pengembangan Ling Tai (holy embryo), merupakan tempat pengembangan spiritual dalam latihan Qi. Bagian ini adalah bagian yang diaktifasi dalam latihan lanjutan

5 elemen adalah organ dalam kita, terdiri dari organ Yin dan Yang. Jadi ada organ Api Yin dan Api Yang, Logam Yin dan Yang, Air Yin dan Yang, Kayu Yin dan Yang, serta Tanah Yin dan Yang.

Pengaktivasian Qi di organ dalam kita (yang diwakili oleh 5 unsur, yang belajar pengobatan Tiongkok pasti tau) dan dikumpulkan di Dantian tengah (unsur api).
Pengaktivasian Yuan Qi yang disimpan ke dalam Dantian Bawah (unsur air).
Pertemuan api dan air di Istana tengah untuk menghasilkan Spiritual Embryo (ling tai).

Untuk Peng Lu Ji An harus tekun, atas bawah saling menyusul lawan susah masuk.
Biarkan dia dengan tenaga besar datang memukulku, giring dengan 4 tael mengalahkan 1000 kati.
Arahkan ke kekosongan digabung kemudian keluar, Zhan Nian Lian Sui tidak terpisah ataupun tertahan.

Jingluo berkaitan dengan organ dalam, ada beberapa metode mengaktifkan Jingluo, termasuk metode “sweeping meridian”, tapi metode gitu hanya berguna untuk kesehatan. Metode untuk mengaktifkan Jingluo yang baik adalah dengan melakukan Small Heavenly Circulation (Xiao Zhoutian), otomatis terjadi balancing Qi di meridian-meridian (Jingluo) Yin dan Yang. Setelah ada balance, baru Qi organ dalam bisa dikumpulkan di Dantian tengah.

Sekarang soal mekanisme power atau trained force (Jin seperti dalam Fajin) dan aplikasinya (ke dalam 8 teknik) dalam Taiji i:
1. Jin itu ada berapa macam sih? Manifestasinya ada berapa macam? Mekanismenya gimana?
2. Bedanya Jin sama Li (brute force) apa sih? Kalau feelingnya sendiri gimana ya, Jin feelingnya seperti apa, terus Li seperti apa. Baik dari segi yang mengaplikasikan/issuing end, atau yang merasakan/receiving end.

Yang namanya gerakan pasti disupport sama otot, jadi Li itu bukan karena dia pakai otot, tetapi lebih ke arah untrained atau brute force. Sedangkan Jin/Jing adalah trained force. Banyak CMA yang memiliki konsep Jin, tapi apakah sama dengan Jin dari Taijiquan? Di taijiquan, yang namanya Jin cuma ada satu: Neijin, juga biasa disebut dengan Pengjin. Gerakannya berbentuk spiral. Jin ini spesifik merupakan ciri khas Taijiquan, karena tidak ditemukan dalam kungfu lainnya. Seperti Zhan Nian Jin, Zhan adalah Sticking, berarti ada contact/touch antara si A dan si B. Ini adalah Zhan. Sedangkan Nian adalah seperti yang terjabar dalam klasik oleh Wang Zhongyue berarti “saya pada posisi yang nyaman, sedangkan lawan pada posisi yang tidak nyaman, ini adalah Nian/adhering”. Berarti Zhannian Jin adalah, trained power yang bisa menyebabkan kita mendapatkan advantageous position ketika bersentuhan dengan lawan dan secara langsung membuat lawan berada pada posisi yang tidak nyaman. In reality, ini adalah fungsi Neijin atau Pengjin.

Semua beladiri punya Jin, termasuk yang spiritual karena punya Jin Iprit, Jin Tomang dll (joking lho ya

). Tapi tentu saja masing-masing beladiri memiliki ciri khasnya sendiri, dan aplikasi beladiri masing-masing juga sangat tergantung dari type of power yang dilatih. Inilah salah satu dari beberapa sebab mengapa ada banyak sekali aliran atau bentuk beladiri di dunia.
Neijin adalah Pengjin. Pengjin adalah Jin yang dapat membuat seseorang merasa rootless ketika tersentuh oleh Jin ini.
Kenapa harus spiral? Pertama-tama, ada 2 jenis spiral. Spiral yang pertama terdiri dari rotasi dan sebuah garis lurus. Ini kita namakan partial spiral, karena untuk berganti arah, harus dibuat garis yang baru alias spiral yang pertama tidak bisa dibuat continuous. Contohnya, pukulan lurus di cukup banyak aliran beladiri, yang memulai dengan tangan di pinggang, telapak menghadap ke atas, kemudian memukul lurus (baik ke depan ataupun ke samping) dengan posisi akhir telapak menghadap ke bawah. Spiral jenis kedua adalah rotasi plus revolusi. Spiral ini bersifat self-perpetuate dan tidak ada break. Spiral ini kita sebut full spiral. Contoh, rotasi dan revolusi bumi. Dalam lineage saya, spiral yang dipakai adalah spiral ke dua.
Hasilnya adalah, continuity dan dynamics.

Jin sederhana saja feelingnya. Yang melepaskan (Fajin) tidak merasakan apa-apa (baik itu berat lawan ataupun resistance). Yang menerima (Xiang3Shou4) merasa terintimidasi dari awal sentuhan.

(Jin – pinyin, atau Chin – Wade Giles system adalah trained force, seperti dalam kata Fajin. Ada yang membaca “Jing” juga. Untuk menghindari kesalah-pahaman, maka pakai kata “Jin”. “Jing” yang berarti essence (seperti di Yuan Jing).
Sedangkan “Qi” atau energy, ditulis seperti ini: “Ji” seperti dalam kata Taiji,. Dan teknik Ji dalam Peng Lu Ji An.

Self perpetuate karena tidak perlu initiate lagi untuk melanjutkan gerakan yang pertama. Tidak ada break karena memang sifat self perpetuate dari sebuah spiral yang menyebabkan tidak ada break. Atau mungkin lebih mudah kalo saya pakai kata self sustaining.
Rotasi+revolusi= Spiraling in circles, contoh, relationship antara bumi dan matahari.
Badan/torso berotasi. Tangan/lengan dan kaki/tungkai juga harus berotasi. Jumlah rotasi (tanpa hitung kanan atau kiri) ada 9, makanya disebut Jiu Qu atau sembilan tekukan di dalam Klasik. Relationship antara masing-masing rotasi dihubungkan dengan mekanisme gear. Ditambah dengan 1 revolusi maka membentuk spiral di seluruh tubuh.

Continuity artinya terus menerus, memiliki 2 arti: ke gerakan diri sendiri, dan ke perubahan dalam menghadapi lawan. Dynamics artinya memiliki yang selalu siap berubah setiap saat tergantung pada initiating power yang diberikan lawan, bukan selalu berubah-ubah.

Neijing atau Neijin adalah Pengjin, merupakan power utama dalam Taijiquan. Sedangkan Neigong adalah metode latihan Yin Qi sama Yang Qi (Lian Dan ). Tapi ada juga yang mengatakan bahwa Neigong adalah latihan yang bisa menghasilkan daya tahan pukul, yang sebenarnya cuma sebagian kecil dari hasil latihan Neigong. Tahap awal Neigong adalah latihan pernapasan.

Melatih neijing beda dengan melatih neigong. Berarti bukan sekali tepuk dua lalat.

Perihal sekedarblog
Aku hanya aku adanya; Aku bukan yang nampak aku; Aku seperti silih bergantinya hitam putih; Artikupun samar kumengerti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: