Sebuah Essay tentang Kung Fu – 15

(Copas)

Jalur Meridian

Banyak kritisi terhadap jalur meridian, salah satunya yang paling mantab adalah : “jalur meridian tidak lebih dari garis lintang dan bujur bumi” Betul demikian? Saya rasa tidak – otherwise hampir tidak mungkin begitu banyak titik-titik akupuntur yang punya kaitan erat dengan kedokteran modern. Dan jika kita agree qi = electrochemical signal alias arus listrik, dan jelas karena tubuh manusia tidak homogen, sehingga pasti saja ada jalur-jalur tertentu dimana arus listrik ini relatif lebih kuat – aka jalur meridian. Tetapi seperti pembahasan panjang lebar di atas – arus listrik ini BUKANLAH energi yang langsung digunakan oleh tubuh – melainkan hanya sinyal dari otak untuk mentrigger metabolisme di seluruh tubuh – sehingga intensitasnya TETAP sangat kecil.

Kedokteran modern hingga saat ini memang BELUM bisa mengukur / mengidentifikasi jalur meridian. Masalah utama adalah pengetahuan kita mengenai cara kerja otak manusia yang masih minim (baru mengerti otak mempunyai neuron dan sypnatic yang luar biasa banyak – yang ditebak-tebak has something to do with self awareness / “will”, intelligence, & body control). CT scan dan X-ray tidak bisa digunakan karena kedua alat ini hanya memberikan pencintraan organ dalam – tetapi tidak bisa untuk mengukur internal organ dalam. Ini jelas masih kurang memadai. Untuk bisa mengidentifikasi jalur meridian – berarti kita harus MASUK ke dalam tubuh manusia YANG MASIH HIDUP – dan melakukan pengukuran. Yang dibutuhkan mungkin semacam robot micro yang bisa masuk ke pembuluh darah manusia dan melakukan pengukuran arus listrik langsung dari dalam. Dengan catatan tentu ada manusia hidup yang mau dijadikan kelinci percobaannya Memang hingga saat ini kedokeran modern barulah seperti montir mobil – tetapi bukan pemilik mobil (ahli neigong) yang bisa merasakan kenikmatan mengendarai mobil seutuhnya.

Menurut klasik tubuh manusia mempunyai jalur-jalur khusus dimana aliran qi-nya (electrochemical signal) relatif lebih besar dari bagian tubuh yang lain. Jalur-jalur ini disebut sebagai jalur meridian. Hingga saat ini di tubuh manusia sudah ditemukan Ba Mai (8 meridian aneh / Qi Jing Ba Mai) dan jingluo (12 meridian utama + sub-meridian). Ba Mai berfungsi sebagai reservoar qi, yaitu bertugas menyuplai dan menampung kekurangan dan kelebihan qi di 12 meridian utama. 12 meridian utama sendiri bertugas mengalirkan qi ke 12 organ utama melalui banyak sekali sub-meridian. Sub-meridian adalah meridian-meridian kecil yang masuk hingga ke setiap jengkal dari organ tubuh. 12 organ utama (yang tersambung dengan 12 meridian utama) ini terdiri dari : 6 organ “yang” (gall bladder, small intestine, large intestine, stomach, bladder, dan tripple burner / san jiao) dan 6 organ “yin” (liver, heart, spleen, lung, kidney, dan pericardium).

Perlu dipahami walaupun 12 organ utama tersebut dinamai menggunakan nama-nama dari kedokteran modern – TIDAKLAH tepat sama seperti organ yang dimaksud dalam kedokteran modern. Neidan / TCM melihat organ-organ tubuh berdasarkan FUNGSI-nya yang oleh karena itu bisa jadi overlapping dengan sebagian dari organ-organ lain menurut kedokteran modern. Hal ini menunjukkan ke-“asli”-an dari neidan karena neidan me”lihat” / me“rasa”kan organ-organ tubuh berdasarkan apa yang dirasakan melalui deep meditation – sehingga yang di”rasa”kan adalah organ-organ tersebut dalam KONDISI LIVE – maka tidak heran apabila neidan mengenali organ-organ tersebut adalah berdasarkan fungsinya (sehingga lebih tepat disebut sebagai “fungsi” organ daripada organ saja). Neidan / TCM awalnya menyebutkan fungsi organ dengan penamaan menurut lima unsur (kayu, api, emas / logam, tanah, air – as usual istilah yang sama digunakan berulang-ulang dalam konteks yang berbeda). Karena ternyata eh ternyata mirip-mirip dengan fungsi dari organ-organ tubuh yang dalam kedokteran modern – hence untuk memudahkan komunikasi dipakailah nama-nama tersebut.

Ini tidak mengherankan karena banyak proses metabolisme penting yang bersifat elektrolis. Bersifat elektrolis maksudnya adalah proses kimia yang membutuhkan ion maupun hasil akhirnya melepaskan ion. Ion-ion inilah sesunguhnya merupakan partikel yang menyebabkan terjadinya arus listrik tersebut alias qi. Dan karena tubuh biologis selalu berubah menyesuaikan dengan kebiasaan kita – jalur ini semakin hari semakin lancar dan jelas – dalam arti konduktifitasnya semakin tinggi dan arus qi / listrik / sinyal-nya menjadi semakin lancar. Yang berlatih neigong – in theory jalurnya ini jauh lebih konduktif karena diperlukan untuk mengalirkan qi dengan intensitas yang lebih besar.

Yang menarik adalah kenapa hanya jalur meridian?? Seperti kita ketahui seluruh tubuh manusia bisa saja mengalirkan arus listrik / ion / qi – so kenapa hanya jalur meridian bisa mempunyai qi / arus listrik relatif lebih kuat? Dugaan saya adalah demikian. Jalur meridian merupakan jalur komunikasi (ingat qi / arus listrik di sini adalah sinyal-sinyal komunikasi) antara otak (dantian atas) dan dantian bawah dengan seluruh tubuh. Seperti kedokteran modern telah mengetahui bahwa setiap bagian otak mempunyai tanggung jawab tertentu untuk aktifitas tubuh tertentu – jadi ada semacam pembagian tugas. Sehingga tidak heran jika jalur komunikasi yang digunakan adalah tertentu juga. Otak sendiri hanya bisa berkomunikasi langsung dengan dantian bawah (second brain), anggota tubuh (tangan dan kaki), dan kelenjar tubuh. Peta komunikasi inilah yang ter”capture” oleh para ahli neigong menjadi peta jalur meridian. Tetapi eiit tunggu dulu… bukankah otak TIDAK bisa berhubungan langsung dengan 12 organ utama? (Kalau secara tidak langsung memang bisa yaitu melalui kelenjar tubuh yang kemudian disampaikan ke seluruh 12 organ utama melalui hormon (jing / essence, BUKAN jalur meridian.) Betul, tetapi dantian bawah bisa – ingat dantian bawah adalah bagian dari ENS (Enteric Nervous System) yang mengatur organ pencernaan.

Yang menarik lagi adalah Ba Mai yang mempunyai fungsi sebagai reservoar bagi jingluo (12 meridian utama + sub-meridian). Tetapi kenapa hanya Ba Mai yang bisa berfungsi sebagai reservoar – kenapa 12 meridian utama tidak bisa berfungsi sebagai reservoar juga? Dugaan saya adalah sebagai berikut. Kalau melihat jalur-jalur Ba Mai – terlihat hampir semua jalur Ba Mai mengelilingi badan dan kepala, ada satu yang jalurnya di tengah badan (Zhong Mai), dan ada satu yang masuk ke kaki. Bayangan saya Ba Mai adalah jalur komunikasi utama. Ini seperti main street – yaitu jalur yang paling sering dilalui – dengan sendirinya tubuh biologis menyesuaikan – memperbesar kapasitasnya untuk menyimpan qi. Seperti dantian bawah – tetapi tidak bisa mentrigger qi sendiri. Kenapa di kaki ada salah satu Ba Mai sedangkan di tangan tidak ada sama sekali? Karena kaki merupakan anggota badan yang mendapatkan stress tertinggi – thus membutuhkan metabolisme yang lebih – thus juga dibutuhkan qi yang mengalir dengan intensitas lebih tinggi (tetap sebagai sinyal – BUKAN sumber energinya sendiri).

IMHO inilah jalur meridian.

Titik Akupuntur

Titik akupuntur adalah bukaan / sambungan antara jalur meridian dengan external. Dengan penjelasan qi adalah electrochemical signal yang sangat lemah (BUKAN energi yang digunakan secara langsung oleh tubuh), ini menjadi make sense. Otherwise tidak masuk akal karena medan magnet / electromagnet bumi JELAS-JELAS bukan oven microware Tetapi betulkah medan magnet / electromagnet bumi ini cukup atau pas untuk menggerakkan qi kita? Coba kita lihat. Salah satu bentuk electromagnet adalah cahaya – yang jelas tidak bisa digunakan mementalkan lawan. Tetapi cahaya setelah diterima oleh indra mata, bisa diconvert menjadi electrochemical signal / qi yang kemudian diteruskan ke otak, sehingga kita bisa melihat. Jelas cahaya tidak bisa mementalkan lawan – tetapi cukup untuk menghasilkan qi. Jangan-jangan seperti itu cara kerja titik akupuntur? Yup, kira-kira begitu kejadiannya!

Satu fakta yang kita bisa cukup percaya adalah : konduktifitas (kemampuan sebuah benda untuk mengalirkan listrik) di titik-titik akupuntur relatif lebih tinggi dari konduktifitas di area kulit sekitarnya. Dan memang sudah ada alat untuk mengukur konduktifitas kulit yang banyak digunakan untuk membantu para akupunturis pemula. Dengan kata lain titik-titik akupuntur beserta jalur meridian adalah seperti indra perasa kita yang peka terhadap medan magnet / electromagnet – atau dikatakan bisa meneruskan electromagnet bumi lebih baik dari bagian tubuh sekitarnya (seperti halnya mata peka terhadap cahaya). Jadi dengan sendirinya jika ingin mempengaruhi qi / listrik di dalam tubuh, titik akupuntur adalah kandidat titik yang terbaik.

Titik akupuntur ini menjelaskan kenapa latihan neigong memperhatikan jam-jam tertentu, hari-hari tertentu, bulan-bulan kalendar tertentu, dan menghadap arah-arah tertentu. Ini jelas pertama ada hubungannya dengan medan magnet bumi yang dipengaruhi oleh posisi bumi terhadap dua benda langit yang mempunyai efek terbesar : yaitu bulan dan matahari. Yang kedua jelas ada hubungannya dengan siklus metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh berubah sedemikian hingga dari kita bangun tidur di pagi hari dan merasa segar, beraktifitas, sampai dengan kita merasa capai, ngantuk, dan tidur kembali. Jelas metabolisme dari seluruh organ tubuh-pun juga dengan sendirinya berubah. Perubahan metabolisme tubuh tentu akan mempengaruhi aliran qi kita karena semuanya saling terkait. Sehingga perubahan medan magnet yang ditangkap oleh titik-titik akupuntur yang tersambung dengan jalur meridian ke organ-organ dalam akan mempunyai efek terhadap siklus metabolisme ini. Kapan dan menghadap mana kita berlatih adalah dalam rangka mendapatkan efek yang paling efektif dalam berlatih (dan kemana pukulan yang paling efektif diarahkan). (Sedikit lanjutan : oleh karena itu cara hidup seperti kalong, bahkan kalaupun dilakukan secara rutin dan teratur, bisa berakibat tidak baik terhadap kesehatan – sekarang kita tahu kenapanya menurut neidan.)

Kita tentu pernah mendengan pengobatan tusuk jarum. Dasar teorinya jelas adalah keseluruhan hal yang dibahas di artikel ini. Masalahnya adalah apakah betul dengan menusukkan jarum-jarum akupuntur akan mendapatkan efek seperti yang dikehendaki? Organisasi WHO sudah pernah mem-publish daftar penyakit yang lumayan efektif jika diobati menggunakan akupuntur. So at least untuk penyakit yang ada di daftar tersebut, seharusnya akupuntur sudah memberikan efek yang lumayan tepat. Pertanyaan selanjutnya adalah : kenapa bisa begitu? Dugaan saya adalah karena jarum akupuntur bersifat “netral”. Ini seperti penangkal petir / peralatan elektronis yang digrounded ke bumi. Sehingga jarum akupuntur ini bersifat menarik qi sehingga merangsang tubuh untuk menghasilkan qi lebih banyak. Reverse-nya adalah jika jarum akupuntur diberikan arus listrik sehingga dengan sendirinya efeknya menghambat aliran qi. Jika memang demikian – seharusnya seberapa dalam jarum akupuntur ditusukkan tidak terlalu berpengaruh – yang penting menempel dengan jalur meridian yang dikehendaki. (Dan memang ada standarisasi sistem akupuntur yang mengabaikan seberapa dalam jarum akupuntur ditancapkan.) Bagaimana dengan pengobatan yang menggunakan magnet? Kurang lebih konsepnya sama karena magnet menginduksi listrik. Listrik ini yang mempengaruhi aliran qi kita.

Bagaimana dengan pengobatan yang menggunakan tangan dari seseorang yang sudah mempunyai qi cukup tinggi? Jika teori qi = electrochemical signal adalah betul – berarti ini sangat dimungkinkan. Simply karena qi / listrik yang mengalir di seseorang bisa diteruskan ke orang lain. Tetapi ingat qi ini adalah listrik yang sangat lemah intensitasnya – jadi lupakan saja teknik pengobatan “qi” jarak jauh. Saya pastikan saja itu adalah dukun dengan IQ yang kurang memadai.

IMHO inilah titik akupuntur.

Penutup

Tentu rasanya kurang lengkap jika sedikitpun tidak membahas pukulan jarak jauh Apakah ini mungkin? Please jangan membahas orang-orang berlarian yang kemudian terpental. Jika terpental pada saat melayang di udara – boleh. Atau lebih baik lagi kaleng yang dibuat terpental. Apakah mungkin??? Pernah melihat kabel listrik yang terputus dan berloncatan di jalan? Jawabannya sementara silahkan disimpulkan sendiri

Terakhir seperti biasa : artikel ini masih sangat spekulatif dan jauh dari sebuah konklusi yang bisa dipertanggung-jawabkan.

IMHO inilah penutup. Good morning – happy neigong everyone!

Summary dari “Neigong”



1. Neigong = salah satu cabang sport yang melatih qi, dantian, dan kelenjar tubuh (gland).
2. Neidan = ilmu biologi klasik.
3. Qi = electrochemical signal.
4. Dantian = bagian tubuh yang SEKALIGUS bisa menyimpan electrochemical signal (listrik / qi) dan mentrigger-nya.
5. Shang dantian = otak.
6. Zhong dantian = Enteric Nervous System (ENS).
7. Xia dantian = somewhere di ENS.
8. Jing = hormon.
9. Ba Mai & Jingluo = jalur di dalam tubuh yang mempunyai electrochemical signal (qi) relatif lebih kuat.
10. Titik akupuntur = indra perasa medan magnet / electromagnet.

Perihal sekedarblog
Aku hanya aku adanya; Aku bukan yang nampak aku; Aku seperti silih bergantinya hitam putih; Artikupun samar kumengerti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: