Sebuah Essay tentang Kung Fu – 6

(Copas)

7. Aliran hangat di badan adalah chi / TD / TS

Setiap aliran hangat di badan adalah chi / TD / TS. Belum tentu. Ini bisa berupa aliran darah hangat yang tadinya terganggu kemudian mengalir. Aliran darah bisa terganggu kalau kita baru saja mengkontraksikan otot tangan / kaki sehabis memukul / menendang. Bisa juga kalau kita berdiri diam di suhu dingin, badan terasa membeku, kemudian kita bernafas dalam-dalam, sehingga otot dada dan perut bergerak, oksigen yang masuk lebih banyak, badan memproduksi kalor lebih banyak dari sebelumnya, yang menyebabkan badan terasa dialiri aliran hangat.

Jadi jangan senang dulu kalau ada aliran hangat di badan.

8. Master yang ilmunya sangat tinggi tidak mau ikut kejuaraan tinju profesional / UFC

Banyak perguruan yang mengklaim mempunyai teknik latihan chi / TD / TS yang luar biasa, yang bisa membuat orang sekuat Superman atau Captain Marvel, atau paling sedikit sekuat Spider-Man. Tetapi kenapa tidak ada juara tinju / UFC yang kemampuanya jauh di atas rata-rata??? Tidak perlu sekuat Superman, cukup misalnya sanggup berdiri diam, dipukul, dibanting, tidak mempan, sekali mengibaskan tangan, musuh langsung terpental dan KO. Jawaban yang biasa kita dengar adalah orang dengan kesaktian seperti itu sudah tidak mau menonjolkan diri, sehingga malu, atau merasa tidak ada gunanya mengikuti pertandingan-pertandingan kelas “rendah” seperti itu. Kalau bertanding biasanya mereka mencari musuh yang seimbang, di gunung tinggi, yang tidak orangnya.

Omong-kosong besar. Logika yang pertama : apakah betul dari sekian banyak master-master sakti tersebut, tidak ada satupun yang berpikiran sesat, dan mau mengeruk uang sebanyak-banyaknya??? Boleh jadi dia adalah seorang yang sangat lurus dan berhati super bersih, bebas dari segala nafsu duniawi. Omong kosong lagi karena apakah tidak ada satupun yang perlu uang, bukan untuk kepentingan dirinya, tetapi untuk membantu Ayah, atau Ibunya, yang sedang sakit keras dan membutuhkan biaya operasi yang sangat besar, atau membantu kampungnya yang sedang ditimpa bencana kelaparan, atau untuk dibagi-bagikan kepada orang-orang yang sedang dalam kesusahannya???

Ingat juara tinju dunia, sekali bertarung bisa mendapatkan paling sedikit 10 juta dolar Amerika, atau 100 milyar rupiah. 100 milyar rupiah kalau dimasukkan ke bank, dengan ongkang-ongkang kaki bisa mendapatkan 1 milyar sebulan. Atau kira-kira mendapatkan 30 juta rupiah hanya dalam satu hari hanya dengan ongkang-ongkang kaki. Uang yang cukup berarti untuk meringankan saudara-saudari kita yang sedang dalam kesusahan.
Sesuatu yang harus kita renungkan betul-betul.

9. Latihan Tapao

Yang disebut latihan Tapao adalah latihan seperti kuda-kuda diam selama beberapa menit / jam. Berdiri di atas tangan yang mengepal. Berdiri di atas satu jari. Yang intinya latihan yang dilakukan secara “diam”, berbeda dengan latihan body-building yang mengulang-ulang mengangkat sebuah beban.

Ini sering dibilang untuk meningkatkan chi. Mungkin ya, tapi belum pasti seperti itu. Yang jelas ergonomik tubuh seorang body-builder dan martial-artist berbeda. Oleh karena itu cara latihannya pun berbeda.

Martial-artis memerlukan speed dan keluwesan supaya semua tenaga yang dimilikinya bisa disalurkan secara maksimum dan efisien. Kita sering berlatih secara relax dan lambat, untuk make sure semua otot kita bekerja dengan benar. Otot yang memang digunakan untuk memukul tentu harus tegang / berkontraksi (tidak bisa lemas), sedangkan semua otot lain yang tidak diperlukan harus relax / lemas supaya tidak malah menghambat pukulan / tendangan kita.

Yang kedua, kalau kita memukul dengan menggunakan kekuatan otot semaksimal mungkin, tenaga akan diambil dari otot, yang jumlahnya terbatas. Hanya dalam beberapa kali pukulan saja, tenaga sudah habis. Belum lagi kalau tenaga itu juga tersalurkan ke otot-otot yang tidak perlu sehingga malah menghambat kekuatan pukulan kita. Dalam martial-art, kita tidak pernah tahu kapan kita bisa menjatuhkan lawan kita, sehingga lebih bijaksana kalau kita menggunakan tenaga kita secara teratur sehingga bisa bertahan lebih lama. Tenaga yang lebih lama dan jumlahnya hampir tidak terbatas, adalah tenaga yang dihasilkan dari oksigen yang diangkut oleh aliran darah kita. Kalau otot kita berkontraksi, aliran darah tersebut terganggu, oleh karena itu harus dialirkan oleh otot-otot lain yang tidak perlu digunakan sehingga tidak perlu dikontraksikan. Contoh : kalau kita memukul, otot yang dikontraksikan adalah otot belakang tangan, sehingga aliran darah seharusnya disupply oleh bagian depan kanan yang harus relax.

Dengan latihan tapau, kita mengkontraksikan otot-otot yang harus dikontraksikan dalam waktu yang cukup lama, sehingga aliran darah akan dialirkan oleh aliran darah di otot-otot yang relax. Ingat misalnya kita kuda2, otot paha atas tentu harus berkontraksi, tetapi otot paha bawah dan badan bagian atas harus relax. Jadi dengan latihan tapao kita tidak hanya menguatkan otot-otot tertentu (hampir seperti halnya body-building), tetapi juga MEMPERLEBAR / MEMPERLANCAR jalur-jalur aliran darah dari otot-otot lain yang relax sebagai penyuplai darah ke otot-otot yang berkontraksi tersebut. Ini yang menjadi supply tenaga paling ideal untuk martial-artist.

Terlepas dari apakah itu chi / TD / TS atau bukan.

10. Chi / TD / TS, ATP, dan Latihan Pernapasan

Dalam berlatih chi / TD / TS kita sering diinstruksikan untuk memfokuskan / membayangkan / mengimajinasikan pikiran kita ke bagian tubuh yg ingin kita alirkan dengan chi tersebut. Ini sedikit berbahaya karena membuat kita berpikir chi mengalir melalui urat syaraf kita. Salah besar. Karena urat syaraf adalah konsep kedokteran modern, yang mana berfungsi mengalirkan darah, darah membawa bahan baku ATP. Memang ATP adalah sumber tenaga sel kita, akan tetapi tidak ada satupun konsep mengenai ATP yang sama seperti chi. Misalnya chi bisa kita kontrol, ATP tidak bisa dikontrol. Dan jangan dicampur-campur dengan mengatakan “ini karena ilmu kedokteran saja yang belum tahu”. Ingat ATP adalah konsep dari kedokteran, bukan dari praktisi chi. Jadi jangan kita pinjam konsep ATP dari mereka kemudian kita belok-belokkan sesuka hati kita. Jadi seharusnya jelas ATP bukan chi (kalau mau, cari istilah sendiri, jangan gunakan istilah ATP, karena itu bukan milikmu).

11. Menahan Dorongan Sepuluh Orang

Kita sering melihat demo satu orang sanggup menahan tenaga dorongan dari 10 orang, bahkan ketika orang tersebut mendorong balik, 10 orang ini bertumbangan.

Hebat?? Tidak juga, karena teknik yang dipakai sesungguhnya adalah teknik “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Jadi walaupun ada 10 orang, karena koordinasi yang kurang, kesepuluh orang tersebut sebenarnya saling menghilangkan tenaga masing-masing. Misal si A di belakang B, B di belakang C, dan seterusnya. Pada saat A mulai mendorong, si B belum siap, secara reflek B justru menahan dorongan dari A supaya dia tidak jatuh, jadi malah menihilkan tenaga dorongan si A. Demikian juga C ke D, dan seterusnya. Jadi supaya demo ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, sebaiknya diusahakan jumlah orang yg digunakan berjumlah genap (misal 10 adalah angka yang bagus, cukup besar, dan genap). Inilah “bercerai kita runtuh”.

Cara menghancurkan trick ini mudah. Yaitu, pilih satu orang sebagai komando. Satu orang ini yang mengkomandokan supaya ke-10 orang tersebut bergerak secara bersama-sama mendorong. Inilah “bersatu kita teguh”.

Oh ya, ini seperti whole body movement kita, kalo kaki, pinggang, dan tangan tidak terkoordinasi dengan baik, bisa jadi malah seperti saling menghilangkan tenaga, bukan saling menambah tenaga.

Perihal sekedarblog
Aku hanya aku adanya; Aku bukan yang nampak aku; Aku seperti silih bergantinya hitam putih; Artikupun samar kumengerti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: